IMG_2714Untuk melaksanakan amanat UU Nomor 6 Tahun 2011 pasal 69 yaitu bahwa “untuk melakukan pengawasan keimigrasian orang asing di wilayah Indonesia, Menteri Hukum dan HAM membentuk  Tim Pengaawasan Orang Asing (Tim PORA) yang anggotanya terdiri atas badan atau instansi pemerintah terkait, baik di pusat maupun di daerah”, maka pada hari Kamis tanggal 02 Juni 2016 Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Bengkulu up. Divisi Keimigrasian dan Kantor Imigrasi Kelas 1 Bengkulu mengadakan kegiatan pembentukan/pengukuhan Tim PORA se-propinsi Bengkulu sekaligus sekretariatnya, dirangkaikan dengan rapat anggota Tim PORA se-Propinsi Bengkulu. Acara kegiatan dihadiri oleh Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Bengkulu, bapak Dewa Putu Gede, Bc.IP.,SH.,MH. yang membuka secara resmi kegiatan tersebut dan juga menjadi narasumber. Hadir juga Kepala Divisi Keimigrasian Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Bengkulu, Kepala Kantor Imigrasi Kelas I Bengkulu, pejabat struktural dari lingkungan Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Bengkulu dan Kantor Imigrasi Kelas I Bengkulu, para kepala kantor dan perwakilan dari instansi terkait se-Propinsi Bengkulu. Dalam kesempatan tersebut Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Bengkulu menjelaskan alasan perlunya pembentukan Tim PORA ini yaitu untuk mengantisipasi pelanggaran hukum oleh orang asing di wilayah Propinsi Bengkulu, apalagi dengan kebijakan pemerintah Indonesia yang memberikan bebas visa kunjungan ke 169 negara tentu semakin banyak orang asing yang datang ke Indonesia. Untuk itu perlu koordinasi dan konsolidasi yang kuat antar instansi terkait untuk mengawasi lalu lintas, kegiatan dan keberadaan orang asing.

IMG_2740Dalam kesempatan tersebut, dilaksanakan juga rapat tim, tukar menukar informasi, di mana dari beberapa instansi juga menyampaikan aspirasi, masukan, dan pandangan mengenai keberadaan dan kegiatan orang asing. Diharapkan bahwa kegiatan ini ditindaklanjuti dengan kegiatan lainnya seperti kegiatan koordinasi di lapangan, misalnya melakukan operasi gabungan terhadap keberadaan dan kegiatan orang asing.

Dengan terbentuknya Tim PORA di Propinsi Bengkulu, diharapkan terjalin koordinasi dan konsolidasi antar instansi terkait terhadap lalu lintas, keberadaan dan kegiatan orang asing di Propinsi Bengkulu sehingga dapat meminimalisir pelanggaran peraturan oleh orang asing.