IMG20160901093750

Petugas Imigrasi menjelaskan tentang tata cara survey IKM.

Kantor Imigrasi sebagai unit pelayanan publik harus senantiasa peka dengan kualitas kinerja pelayanan yang diberikan. Untuk itu dituntut suatu terobosan inovasi untuk bisa mengetahui kualitas pelayanan yang telah diberikan kepada masyarakat. Untuk itu Kantor Imigrasi Kelas I Bengkulu telah mengembangkan dan mengimplementasikan suatu sistem atau aplikasi untuk memberikan kesempatan kepada masyarakat pemohon jasa keimigrasian untuk menilai kwalitas pelayanan yang diberikan oleh Kantor Imigrasi Kelas I Bengkulu, yang disebut Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM). Survey Indeks Kepuasan Masyarakat tersebut mulai diterapkan tanggal 1 September 2016.

Ada 9 jenis pertanyaan berkaitan dengan pelayanan publik di Kantor Imigrasi Kelas I Bengkulu, yang mengacu ke Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi RI Nomor 16 Tahun 2014 tentang Pedoman Survei Kepuasan Masyarakat Terhadap Penyelenggaraan Pelayanan Publik, yaitu :

  1. Persyaratan, yaitu syarat yang harus dipenuhi dalam pengurusan suatu jenis pelayanan, baik persyaratan teknis maupun administratif.
  2. Prosedur, yaitu tata cara pelayanan yang dibakukan bagi pemberi dan penerima pelayanan, termasuk pengaduan.
  3. Waktu pelayanan, yaitu jangka waktu yang diperlukan untuk menyelesaikan seluruh proses pelayanan dari setiap
    IMG20160901095458

    Pemohon Paspor RI yang pertama melakukan survey IKM.

    jenis pelayanan.

  4. Biaya/Tarif, yaitu ongkos yang dikenakan kepada penerima layanan dalam mengurus dan/atau memperoleh pelayanan dari penyelenggara yang besarnya ditetapkan berdasarkan kesepakatan antara penyelenggara dan masyarakat.
  5. Produk Spesifikasi Jenis Pelayanan, yaitu hasil pelayanan yang diberikan dan diterima sesuai dengan ketentuan yang telah ditetapkan. Produk pelayanan ini merupakan hasil dari setiap spesifikasi jenis pelayanan.
  6. Kompetensi Pelaksana, yaitu kemampuan yang harus dimiliki oleh pelaksana meliputi pengetahuan, keahlian, keterampilan, dan pengalaman.
  7. Perilaku Pelaksana, yaitu sikap petugas dalam memberikan pelayanan.
  8. Maklumat Pelayanan, yaitu merupakan pernyataan kesanggupan dan kewajiban penyelenggara untuk melaksanakan pelayanan sesuai dengan standar pelayanan.
  9. Penanganan Pengaduan, Saran dan Masukan, yaitu tata cara pelaksanaan penanganan pengaduan dan tindak lanjut.

Diharapkan seluruh pemohon jasa keimigrasian di Kantor Imigrasi Kelas I Bengkulu untuk meluangkan waktunya berpartisipasi memberikan penilaian atas pelayanan publik yang diberikan oleh Kantor Imigrasi Kelas I Bengkulu, sehingga bisa menjadi acuan untuk mengetahui kwalitas kinerja yang akhirnya diharapkan bahwa Kantor Imigrasi Kelas I Bengkulu kedepannya akan menjadi unit pelayan publik yang baik dan memenuhi harapan masyarakat.