Kegiatan sosialisasi dibuka oleh Kepala Kantor Imigrasi Kelas I TPI Bengkulu, Bapak Samsu Rizal. Dalam sambutan pembukaan tersebut Kakanim mengapresiasi atas kehadiran para peserta. Kakanim menyampaikan bahwa dengan adanya epidemic virus corona yang baru-baru ini terjadi maka Kantor Imigrasi Kelas I TPI Bengkulu perlu mensosialisasikan mengenai Peraturan Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Nomor 3 Tahun 2020 Tentang Penghentian Sementara Bebas Visa Kunjungan, Visa Dan Pemberian Izin Tinggal Terpaksa Bagi Warga Negara Republik Tiongkok Serta Antisipasi Masuknya Virus Corona serta . Tujuan diadakannya sosialisasi ini agar Instansi terkait bersama dengan perusahaan pengguna TKA (tenaga kerja asing) dan PPTKIS mengetahui perihal Permenkumham tersebut sesuai dengan apa yang terjadi baru-baru ini, selain itu sosialisasi ini pun bertujuan agar semua pihak dapat mengantisipasi masuknya virus Corona ke Wilayah Republik Indonesia khususnya Provinsi Bengkulu.

Datang sebagai narasumber yaitu Bapak M. Adnan selaku Kepala Divisi Keimigrasian Kanwil Kemenkumham Bengkulu yang menyampaikan materi tentang Permenkumham No. 3 Tahun 2020. Dalam paparannya, Kepala Divisi Keimigrasian mengatakan bahwa penghentian Bebas Visa Kunjungan, Visa dan Pemberian Izin Tinggal Terpaksa Bagi Warga Negara Republik Tiongkok hanya bersifat sementara, yaitu sampai dengan tanggal 29 februari 2020 dan sampai peraturan ini dievaluasi kembali.

           

Sebagai narasumber dalam hal antisipasi masuknya virus corona , Ibu Susilawaty selaku Kepala Dinas Kesehatan Kota Bengkulu yang menyampaikan materi mengenai Pencegahan masuknya Virus Corona. Kegiatan ini diikuti oleh peserta yang terdiri dari Instansi terkait, Perusahaan pengguna TKA (tenaga kerja asing), perusahaan pelayaran, perusahaan tour and travel dan PPTKIS serta rekan-rekan media cetak dan elektronik di Provinsi Bengkulu.

 

Humas Kanim Bengkulu