Bengkulu – Jumat pagi (12/7), dilakukan Inspeksi Mendadak (sidak) Unit Pengendali Gratifikasi (UPG) di lingkungan Kantor Imigrasi Kelas I TPI Bengkulu. Sidak UPG Kanwil Bengkulu dipimpin langsung oleh Kepala Divisi Keimigrasian (Esti Winahyu Nurhandayani) beserta Kepala Divisi Administrasi (Garnadi), Kepala Divisi Pemasyarakatan (Pujo Harinto) serta Kepala Divisi Pelayanan Hukum dan HAM (Siti Cholistyaningsih).

Pelaksanaan sidak Divisi Keimigrasian merupakan salah satu implementasi dari tugas dan wujud komitmen jajaran Kanwil Kementerian Hukum dan HAM Bengkulu dalam melawan “Pungli” maupun tindakan penyimpangan yang tidak sesuai ketentuan yang berlaku lainnya. Sidak UPG dilakukan secara serentak di berbagai lini bidang pada Seksi Lantaskim, dan Ruang pelayanan Paspor RI. Penggeledahan terhadap meja kerja, tas, dan lemari pegawai serta dokumen/berkas yang ada telah dilakukan. Dari hasil sidak tersebut, tidak ditemukan adanya pungli maupun penyimpangan yang terjadi di Kanim Kelas I TPI Bengkulu.

Mengakhiri kegiatan, Kepala Divisi Keimigrasian menyampaikan bahwa kegiatan sidak merupakan rangkaian atau langkah lanjutan dari kegiatan pengarahan oleh Kepala Kanwil dan Kepala Divisi Keimigrasian beserta jajarannya mengenai “Larangan Pungutan Liar” kepada masyarakat dan jajaran Kanim Kelas I TPI Bengkulu.

Dalam kesempatan tersebut, Kepala Divisi Keimigrasian mengingatkan kembali agar jajaran Kanim Bengkulu untuk tidak melakukan pungli karena pegawai yang terlibat akan ditindaklanjuti secara tegas sesuai ketentuan yang ada. Pelayanan keimigrasian kepada masyarakat harus diberikan sesuai dengan ketentuan yang berlaku dengan sebaik mungkin dan melaksanakan tugas dan fungsi masing-masing sesuai ketentuan yang ada. (sumber:humaskanwil)