Sejarah Kantor Imigrasi Klas 1 Bengkulu

Kantor Imigrasi Bengkulu di resmikan pada tanggal 5 November 1984. Yang sementar masih menggunakan Kantor di Gedung Kantor Pengadilan Negeri Bengkulu. Pada Tanggal 30 Maret 1985 Gedung Imigrasi Bengkulu baru didirikan dan selesai pada 30 Agustus 1985. Kantor baru tersebut beralamat di Jl. Padang Harapan No.23, Bengkulu. Gedung kantor inilah yang digunakan untuk operasi kantor imigrasi Bengkulu hingga saat ini.

Ketika diresmikan pertama kali, klasifikasi Kantor Imigrasi Bengkulu adalah Kantor Imigrasi Kelas III, baru pada tanggal 15 april 1991 terjadi perubahan klasifikasi Kantor Imigrasi Bengkulu dari Kantor Imigrasi Klas III menjadi Kantor Imigrasi Klas II sebagaimana ditetapkan berdasarkan Keputusan Menteri Kehakiman R.I Nomor M.03-PR-07.04 Tahun 1991. Peningkatan klasifikasi ini telah sesuai dengna keberadaan Kantor Imigrasi Bengkulu yang berada di Ibukota Propinsi Bengkulu. Dengan demikian, keberadaannya sejalan dengan dengan kegiatan masyarakatnya yang semakin dinamis.

Propinsi Bengkulu terletak atau berbatasan dengan :

  • Wilayah Selatan berbatasan dengan Propinsi Lampung
  • Wilayah Utara berbatasan dengan Propinsi Sumatera Barat dan Propinsi Jambi.
  • Wilayah Rejang Lebong berbatas dengan Propinsi Sumatera Selatan.

Untuk Menuju Bengkulu dapat menggunakan 2 jalur yaitu Jalur Udara ataupun transportasi udara. Apabila menggunakan transportasi darat jarak yang ditempuh kurang lebih 750 km dengan waktu tempuh kira-kira 20 jam.

Kantor Imigrasi Klas 1 Bengkulu saat ini memiliki wilayah kerja mencakup 10 (sepuluh) Kabupaten yaitu :

  1. Kota Bengkulu
  2. Kabupaten Rejang Lebong
  3. Kabupaten Bengkulu Selatan
  4. Kabupaten Bengkulu Tengah
  5. Kabupaten Bengkulu Utara
  6. Kabupaten Kaur
  7. Kabuoaten Kepahiyang
  8. Kabupaten Lebong
  9. Kabupaten Muko-Muko
  10. Kabupaten Seluma

Didalam wilayah kerja Kantor Imigrasi Bengkulu terdapat jumlah penduduk sekitar 1.640.597 orang, dan di samping itu terdapat pula 1 (satu) Tempat Pemeriksaan Imigrasi (TPI) yaitu TPI Pulau Baai.

Dengan wilayah kerja yang sedemikian luas mencakup 10 (sepulu) Kabupaten/Kota, Kantor Imigrasi Bengkulu didukung oleh beberapa seksi dalam pelaksanaan tugas dan fungsi keimigrasian tetap terus memberikan pelayanan yang optimal kepada masyarakat serta senantiasa mengedepankan pengamanan dan penegakan hokum keimigrasian.