img_4920Salah satu indikasi pelayanan publik yang baik adalah perilaku petugas pelayanan yang raimg-20161014-wa0012mah, santun dan bersahabat kepada pemohon, baik dalam hal memberikan informasi maupun pelayanan umum. Tidak ada batasan yang kaku antara petugas dengan yang dilayani, tidak ada lagi anggapan bahwa petugas adalah raja, tetapi petugas adalah pelayan, dan suasana perkantoran dalam hal pelayanan publik menjadi sesuatu yang nyaman, transparan dan akuntabel.
Kaitannya dengan hal tersebut, seluruh jajaran Kantor Imigrasi Kelas I Bengkulu senantiasa berupaya mendekatkan diri dengan masyarakat pemohon jasa keimigrasian, baik itu pemohon Paspor RI atau pemohon pemberian atau perpanjangan izin tinggal. Salah satunya adalah setiap pagi sebelum pelayanan dimulai, petugas Imigrasi menyampaikan sapaan dengan ramah kepada masyarakat yang datang memohon paspor, sambil menyampaikan informasi terkait pelayanan keimigrasian. Diharapkan dengan kegiatan ini, masyarakat pemohon merasa nyaman dan tidak merasa sungkan untuk datang di Kantor Imigrasi Kelas I Bengkulu, tidak ada batasan kaku lagi dengan petugas Kantor Imigrasi Kelas I Bengkulu.
img_4941Selain itu untuk menambah kenyamanan pemohon, Kantor Imigrasi Kelas I Bengkulu mencoba melakukan kerjasama dengan beberapa bank/pos persepsi untuk melakukan pembayaran Paspor RI, dan saat ini terdapat booth bank BTN dan mobil pelayanan Kantor Pos yang berada di Kantor Imigrasi Kelas Bengkulu, sehingga membantu masyarakat pemohon Paspor RI tidak pergi jauh lagi untuk membayar permohonan paspornya.