Menindaklanjuti pembentukan Tim Pengawasan Orang Asing (Tim PORA) se-Privinsi Bengkulu dan Sekretariatnya yang telah dilaksanakan tahun 2016, pada tanggal 16 Maret 2017 Kantor Imigrasi Bengkulu mengadakan Rapat Tim PORA Wilayah Kabupaten Bengkulu Tengah bertempat di Aula Kantor Imigrasi Bengkulu. Hadir pada rapat tersebut Kepala Bidang Lalu Lintas dan Status Keimigrasian Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Bengkulu, Kepala Kantor Imigrasi Bengkulu, Perwakilan dari Kantor Kesatuan Bangsa dan Politik Kota Bengkulu, Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kota Bengkulu, Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kota Bengkulu, Polres Bengkulu Tengah, Kodim 0407 Bengkulu, Kementerian Agama Kota Bengkulu, Kejaksaan Negeri Kota Bengkulu, BINDA Bengkulu, juga para Pejabat Imigrasi di lingkungan Divisi Keimigrasian Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Bengkulu dan Kantor Imigrasi Bengkulu.

Dalam rapat tersebut dibahas isu-isu terkait keberadaan dan kegiatan orang asing si wilayah Kabupaten Bengkulu Tengah, baik itu orang asing sebagai TKA maupun yang melaksanakan kegiatan sosial dan keagamaan. Juga ada masukan informasi dari setiap anggota rapat dan potensi-potensi positif dan negatif yang mungkin bisa terjadi sehubungan dengan keberadaan orang asing yang sekiranya dapat dijadikan perhatian dalam hal pengawasan orang asing.

Kegiatan hari itu dilanjutkan dengan operasi pengawasan orang asing gabungan, di mana semua peserta rapat Tim PORA menuju lokasi pertambangan PT. Kusuma Raya Utama, di mana tim memeriksa dokumen paspor dan izin tinggal orang asing yang seluruhnya warga negara Tiongkok. Terdapat ratusan pekerja asing di lokasi kerja tersebut, dan tidak ditemukan adanya pelanggaran yang dilakukan oleh orang asing di lokasi tersebut. Tim mengingatkan kepada pengelola tambang untuk selalu mengikuti aturan yang berlaku untuk kegiatan dan keberadaan orang asing, dan senantiasa berkoordinasi dan melaporkan keberadaan dan kegiatan orang asing yang dipekerjakan kepada instansi terkait.