Bengkulu, 09 Januari 2019 – Seorang Warga Negara Asing (WNA) berkebangsaan Palestina telah diamankan oleh Polres Bengkulu Selatan. Warga Negara Asing ini diamankan dari sebuah losmen (Losmen Bahagia) di Kabupaten Bengkulu Selatan. Kantor Imigrasi Kelas I TPI Bengkulu mendapatkan informasi dari Kasat Intelkam Polres Bengkulu Selatan, Iptu. Chandra bahwa wna tersebut telah diamankan. WNA yang diamankan ini bernama Iyad M. Abukhatla berkebangsaan Palestina dengan nomor paspor 3748551 berlaku sampai dengan 14 Desember 2020. WNA asal Palestina pemegang kartu UNHCR dengan Nomor ID 186-18C00189 berlaku s/d 12 April 2021. Yang bersangkutan telah tinggal selama kurang lebih 1(satu) bulan di Losmen Bahagia tersebut.

Setelah mendapatkan informasi, petugas dari Kantor Imigrasi Kelas I TPI Bengkulu melakukan penjemputan dan kemudian melakukan pemeriksaan di Kantor Imigrasi Kelas I TPI Bengkulu. Dari hasil pemeriksaan ditemukan bahwa kedatangan WNA tersebut ke Kota Manna, Kabupaten Bengkulu Selatan adalah dalam rangka kunjungan wisata dan yang bersangkutan merupakan pemegang kartu UNHCR dengan status sebagai pengungsi mandiri dan tidak ditempatkan di Community House yang ada di bawah naungan IOM.

Sebagai tindak lanjut hasil pemeriksaan tersebut , Petugas Kantor Imigrasi Kelas I TPI Bengkulu melakukan koordinasi dengan Bapak Jaya Saputra (eks Kasubdit Tensipor/Detensi dan Deportasi), Bapak Junior M. Sigalingging (Kepala Rumah Detensi Pekanbaru), Bapak Ngurah Mas Wijaya (eks Kepala Rumah Detensi Denpasar) dan Ibu Luna perwakilan dari UNHCR untuk memastikan penanganan dan keabsahan kartu UNHCR yang dipegang oleh yang bersangkutan.