Sebanyak kurang lebih 100 orang dari masyarakat awam  dan pelajar mengikuti penyuluhan hukum yang dilaksanakan oleh Kantor Imigrasi Kelas 1 Bengkulu pada hari Kamis tanggal 28 Januari 2016. Penyuluhan dilaksanakan di gedung Kantor Imigrasi Kelas 1 Bengkulu dan tema yang di ambil adalah ”Cerdas Hukum Dalam Era Masyarakat Ekonomi Asean”. Sengaja tema ini di ambil karena saat ini kita sudah berada dalam era Masyarakat Ekonomi Asean. Untuk itu dirasa perlu adanya satu pembekalan kepada masyarakat agar bisa menghadapi era Masyarakat Ekonomi Asean dengan cerdas hukum.

DalamIMG_0943 kegiatan tersebut narasumber berasal dari lingkungan jajaran Imigrasi sendiri yaitu Kepala Kantor Imigrasi Kelas 1 Bengkulu, Kepala Bidang Intelejen Penindakan Sistem Informasi dan Komunikasi Keimigrasian Kanwil Kemenumham Bengkulu, dan Kepala Bidang Lalu Lintas dan Izin Tinggal Keimigrasian Kanwil Kemenumham Bengkulu. Disampaikan dalam kegiatan tersebut isu-isu sekitar Masyarakat Ekonomi Asean (MEA), dukungan dan peran Imigrasi dalam mensuport masyarakat dan pemerintah menyambut era MEA, juga dirangkaikan dengan informasi seputar pelayanan Keimigrasian seperti pelayanan paspor dan izin tinggal orang asing. Audiens begitu antusias mengikuti penyuluhan hukum tersebut, di mana banyak peserta mengajukan pertanyaan dan mengadakan dialog dengan narasumber seputar substansi penyuluhan.

DalaIMG_1013m kesempatan tersebut, secara keseluruhan para narasumber mengharapkan masyarakat tidak kaget dengan bergulirnya era MEA, dan mempersiapkan k ompetensi dan meningkatkan kapasitas untuk bisa bersaing dalam era MEA tersebut.