Salah satu fungsi keimigrasian adalah pengawasan keimigrasian terhadap keberadaan dan kegiatan orang asing di wilayah Indonesia, dan untuk melaksanakan fungsi tersebut maka sesuai amanat UU Nomor 6 Tahun 2011 tentang Keimigrasian, bahwa untuk melaksanakan kegiatan pengawasan keimigrasian terhadap kegiatan orang asing di wilayah Indonesia, Menteri dalam hal ini menteri yang menyelenggarakan urusan pemerintahan di bidang hukum dan hak asasi manusia, membentuk Tim Pengawasan Orang Asing (Tim PORA) yang anggotanya terdiri atas badan atau instansi pemerintah terkait, baik di pusat maupun di daerah (kabupaten/kota dan kecamatan).

Untuk itu pada tanggal 19 Juli 2018 Kantor Imigrasi Bengkulu yang wilayah kerjanya sangat luas meliputi seluruh Provinsi Bengkulu, melaksanakan kegiatan Pembentukan dan Pengukuhan Tim PORA sekaligus Rapat Koordinasi Tim PORA Tingkat Kecamatan se Kabupaten Bengkulu Utara, kegiatan dilaksanakan di Aula Kantor Bupati Bengkulu Utara. Kegiatan dihadiri oleh Kepala Divisi Keimigrasian Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Bengkulu ibu Esti Winahyu Nurhandayani, S.Pd., M.Pd., Kepala Kantor Imigrasi Kelas I Bengkulu bapak Rafli, SH., Asisten Bidang Pemerintahan Sekretariat Daerah Kabupaten Bengkulu Utara bapak Drs. Eddy Subroto, Kepala Kesbangpol Kabupaten Bengkulu Utara bapak Mukaddas, pejabat dari institusi terkait yaitu dari POLRI, TNI, Kejaksaan, Kementerian Agama, Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi, Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil, KUA dan Camat se Kabupaten Bengkulu Utara, serta Pejabat Imigrasi dari Divisi Keimigrasian  Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Bengkulu dan Kantor Imigrasi Kelas I Bengkulu. Kegiatan pengukuhan ditandai dengan pemakaian secara simbolis baju rompi Tim PORA oleh Kepala Divisi Keimigrasian Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Bengkulu dan Asisten Bidang Pemerintahan Sekretariat Daerah Kabupaten Bengkulu Utara kepada perwakilan anggota Tim PORA, kemudian diikuti oleh seluruh anggota Tim PORA yang hadir.

Kegiatan Rapat Koordinasi Tim Pora dipimpin oleh Kepala Kantor Imigrasi Kelas I Bengkulu, membahas isu-isu terkini terkait kegiatan orang asing dan menyampaikan keadaan data-data orang asing yang ada di Bengkulu Utara. Masing-masing peserta menyampaikan masukan dan pendapat terkait efektifnya pelaksanaan tugas dan fungsi Tim PORA, diskusi dan tukar menukar pendapat dan informasi. Kemudian disepakati untuk membentuk wadah media komunikasi tukar menukar informasi di antara anggota Tim PORA yaitu akan dibentuk WA Grup untuk Tim PORA Tingkat Kecamatan se Kabupaten Bengkulu.