Kamis 28 November 2019 bertempat di halaman Kantor Imigrasi Kelas I TPI Bengkulu, telah dilakukan pemusnahan arsip fisik substantif keimigrasian pada Imigrasi Kelas I TPI Bengkulu berupa arsip Permohonan Dokumen Perjalanan Republik Indonesia dan arsip layanan keimigrasian bagi Warga Negara Asing (WNA) dari Tahun 2007 sampai dengan Tahun 2013 sebanyak 16.906 (enam belas ribu Sembilan ratus enam). Pemusnahan arsip dilakukan dengan cara dibakar secara total sehingga tidak dapat dikenal baik fisik maupun isi informasinya.

Pemusnahan arsip subtantif keimigrasian ini dilaksanakan berdasarkan Peraturan Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia Nomor 54 Tahun 2016 tentang Perubahan Atas Peraturan Menteri Hukum Dan Hak Asasi Manusia Nomor 35 Tahun 2013 tentang Jadwal Retensi Arsip (JRA) dan Prosedur Penyusutan Arsip di lingkungan Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia dan Surat Persetujuan Kepala Arsip Nasional Republik Indonesia Nomor : B.KN.00.03/243/2019 tanggal 04 Oktober 2019.

Kegiatan yang dimulai pada pukul 09.30 WIB ini juga dihadiri oleh Kepala Divisi Keimigrasian Kanwil Kemenkumham Bengkulu M. Adnan dan Kepala Kantor Imigrasi Kelas I TPI Bengkulu Samsu Rizal serta beberapa saksi seperti dari Biro Umum Sekeretariat Jenderal yaitu Kasubbag Pengelolaan Arsip Inaktif Tatiek Herawaty dan JFT Arsiparis Ahli Muda Fitriah Agustiani. Kemudian saksi dari Divisi Keimigrasian yaitu Kepala Bidang Intelijen dan Penindakan Keimigrasian Iwan Ramandhy, Saksi dari Divisi Pelayanan Hukum, JFT Penyuluh Hukum Ahli Madya Andrey Pramudia.