Direktorat Jenderal Imigrasi senantiasa berupaya meningkatkan kapasitas SDM di jajarannya, salah satunya adalah mutasi pejabat struktural dalam rangka promosi dan penyegaran tugas antar UPT. Di tahun 2017 sesuai dengan Surat Keputusan Menteri Hukum dan HAM RI Nomor SEK-33.KP.03.03 Tahun 2017 tanggal 31 Agustus 2017 dilaksanakan mutasi Pejabat Imigrasi sebanyak 448 orang Pejabat Imigrasi yang dilaksanakan di seluruh UPT Keimigrasian baik itu di Divisi Keimigrasian Kanwil Kemenkumhan, maupun di Kantor Imigrasi dan rumah Detensi Imigrasi.

Di Kantor Imigrasi Bengkulu terjadi juga mutasi Pejabat Imigrasi yang menduduki jabatan struktural, yaitu Kepala Seksi Lalu Lintas Keimigrasian yang sebelumnya dijabat oleh bapak Junior M. Sigalingging, SH.,MH. yang dipromosikan menjadi Kepala Rumah Detensi Imigrasi Pekanbaru, diganti oleh bapak Sutarmi, SH. yang sebelumnya menjabat sebagai Kepala Seksi Lalu Lintas dan Status Keimigrasian pada Kantor Imigrasi Kelas Siak. Kemudian jabatan Kepala Sub Seksi Penelahaan Status Keimigrasian yang selama ini kosong akan dijabat oleh bapak M. Adrian Kurniawan, SP. yang sebelumnya menjabat sebagai Kepala Sub Seksi Informasi dan Sarana Komunikasi Keimigrasian dan Pengawasan dan Penindakan Keimigrasian pada Kantor Imigrasi Kerinci.

Diharapkan dengan mutasi Pejabat Imigrasi ini akan semakin meningkatkan kualitas pelayanan keimigrasian di Kantor Imigrasi Bengkulu, baik pelayanan terhadap Warga Negara Indonesia maupun pelayanan terhadap Warga Negara Asing.