Penugasan Pejabat Imigrasi di suatu tempat tugas tentu diharapkan dapat memaksimalkan pelayanan masyarakat, namun perlu pula diperhatikan pola pembinaan karier dan penyegaran seorang Pejabat Imigrasi yang dapat mempengaruhi kwalitas pelaksanaan tugasnya, demikian juga dengan kehidupan sosial, masyarakat dan  keluarga juga dapat memberi pengaruh. Untuk itu Kementerian Hukum dan HAM RI yang menaungi Direktorat Jenderal Imigrasi, senantiasa melakukan mutasi Pejabat Imigrasi  yang tentu sudah melalui pertimbangan demi kemajuan organisasi.

Terakhir dengan Surat  Keputusan Menteri Hukum dan HAMRI Nomor : SEK-27.KP.03.03 Tahun 2016 tentang Pemberhentian dan Pengangkatan Dari dan Dalam Jabatan Administrasi  di Lingkungan Kementerian Hukum dan HAM RI, dilakukan mutasi Pejabat Imigrasi termasuk di Kantor Imigrasi Kelas I Bengkulu. Kepala Seksi Status Keimigrasian, Lukmanul Hakim, SH. dimutasikan ke Kantor Imigrasi Kelas I Jakarta Timur sebagai Kepala Seksi Lalu Lintas Keimigrasian, digantikan oleh Wahyu Ariyanto, A.Md.Im., SH. yang sebelumnya menjabat sebagai Kepala Seksi Informasi dan Sarana Komunikasi Keimigrasian di Kantor Imigrasi Kelas II Wonosobo. Adapun jabatan Kepala Sub Seksi yang selama ini tidak terisi, pada mutasi terakhir ini telah diisi oleh 3 Pejabat Imigrasi yaitu M. Faizal Reza, SH. menjabat sebagai Kepala Sub Seksi Perizinan Keimigrasian, Devo Septian, S.Sos. menjabat sebagai Kepala Sub Seksi Penindakan Keimigrasian, Dian Kartadilaga, SH. menjabat sebagai Kepala Seksi Penentuan Status Keimigrasian. Pelantikan dan pengambilan sumpah kepada Pejabat Imigrasi yang baru telah dilaksanakan di Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Bengkulu pada tanggal 14 Desember 2016, dimana yang melantik dan mengambil sumpah adalah Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Bengkulu, bapak Dewa Putu Gede, Bc.IP., SH., MH.

Diharapkan dengan adanya mutasi dan tertambahnya Pejabat Imigrasi di Kantor Imigrasi Kelas I Bengkulu, akan semakin memaksimalkan kwalitas pelayanan masyarakat seperti pelayanan Paspor RI dan tugas keimigrasian lainnya seperti pelayanan pemberian dan perpanjangan izin tinggal orang asing, serta pengawasan orang asing di Propinsi Bengkulu.