Kantor Imigrasi Kelas I Bengkulu wilayah kerjanya sangat luas meliputi seluruh wilayah Propinsi Bengkulu, yaitu terdiri dari 1 kota dan 9 kabupaten. Salah satu kabupaten yang terjauh adalah Kabupaten Muko Muko yang ditempuh selama ± 8 jam perjalanan darat dari Kota Bengkulu. Di kabupaten ini terdapat juga beberapa perusahaan yang mempekerjakan orang asing, antara lain PT. Agro Muko dan PT. Sapta Pesona Jaya Abadi, di mana Imigrasi dituntut senantiasa hadir mengawasi keberadaan dan kegiatan orang asing di kabupaten tersebut.

Untuk itu, perlu koordinasi yang kuat dan bersinergi dengan instansi terkait di Kabupaten Muko Muko dalam ikut memberi sumbangsih pelayanan keimigrasian terhadap masyarakat Kabupaten Muko Muko. Hal ini diwujudnyatakan dalam kegiatan koordinasi keimigrasian dengan pemerintah Kabupaten Muko Muko dan juga beberapa perusahaan yang mempekerjakan TKA.

IMG_3038Pada tanggal 15 Juli 2016, rombongan dari Divisi Keimigrasian Kanwil KemenkumHAM Bengkulu dipimpin langsung oleh Kepala Divisi Keimigrasian, bapak Drs. Amirullah, MH. didampingi beberapa pejabat, juga rombongan  Kantor Imigrasi Kelas I Bengkulu, di mana hadir Kepala Kantor Imigrasi Kelas I Bengkulu, bapak Rafli, SH. didampingi beberapa pejabat, melakukan kunjungan kerja dalam rangka koordinasi keimigrasian. Kunjungan pertama ke Kantor Kesbangpol Kabupaten Muko Muko diterima oleh Plt. Kepala Kantor Kesbangpol Muko Muko, ibu Elda Syalfiana, S.Sos. berkoordinasi perihal kegiatan pengawasan keberadaan dan kegiatan orang asing di Kabupaten Muko Muko termasuk rencana membentuk dan melaksanakan Rapat Tim PORA di Kabupaten Muko Muko dan rencana penempatan Sekretariat Tim PORA Kabupaten Muko Muko di Kantor Kesbangpol Muko Muko. Hal ini mendapat respon positif oleh pihak Kesbangpol Kabupaten Muko Muko dan sangat mendukung rencana kegiatan-kegiatan tersebut.

IMG_3051Kemudian rombongan berkunjung ke Kantor Bupati Muko Muko, diterima oleh Wakil Bupati Muko Muko, bapak Haidir, dan Asisten I beserta beberapa pajabat. Dalam kegiatan tersebut masing-masing pihak menyampaikan masukan-masukan dan pandangan-pandangan terkait tugas-tugas keimigrasian di wilayah Kabupaten Muko Muko, termasuk potensi-potensi daerah yang ada kaitannya dengan pelayanan masyarakat di bidang keimigrasian. Bupati Muko Muko juga menyampaikan keinginan dari Pemerintah Daerah Muko Muko untuk membentuk Kantor Imigrasi Muko Muko, dan hal ini sudah dikomunikasikan sebelumnya dengan pihak Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Bengkulu. Kemudian rombongan diantar untuk melihat beberapa tempat/gedung yang bisa dipakai sebagai gedung kantor apabila rencana pembentukan Kantor Imigrasi di Muko Muko direalisasikan.

IMG_3140Kegiatan hari itu diakhiri dengan kunjungan ke PT. Agro Muko, sebuah perusahaan kelapa sawit yang mempekerjakan beberapa orang TKA, bertemu dengan HRD PT. Agro Muko, bapak Ginting, di mana pihak perusahaan memberikan informasi terkait penggunaan TKA di perusahaan tersebut, juga dari pihak Imigrasi menyampaikan informasi aturan-aturan keimigrasian mengenai keberadaan dan kegiatan orang asing di Indonesia.