Bengkulu (18/02/2019), Kepala Divisi Keimigrasian Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Bengkulu, Ibu Esti Winahyu Nurhandayani didampingi oleh Kepala Sub Seksi Intelijen Keimigrasian Kantor Imigrasi Kelas I TPI Bengkulu, Bapak Rizky Nur Adiyat berkesempatan mengisi acara Dialog Interaktif yang berlangsung Live pada pukul 15.30 WIB di Stasiun Televisi Republik Indonesia (TVRI) Bengkulu.

Narasumber memaparkan terkait kegiatan pengawasan orang asing diwilayah bengkulu sepanjang tahun 2018 sampai dengan tahun 2019 saat ini. Pada kesempatan ini dilakukan dialog interaktif bersama masyarakat melalui jaringan telepon yang disediakan, beberapa pertanyaan yang masuk menghangatkan suasana dialog diantaranya pertanyaan tentang adanya upaya dari Kantor Imigrasi Bengkulu dalam melakukan pengawasan didaerah yang sulit dijangkau mengingat Kantor Imigrasi Bengkulu tidak mempunyai perwakilan didaerah kabupaten lain di Wilayah Bengkulu, hal ini langsung dijawab oleh Ibu Esti Winahyu Nurhandayani, bahwa fungsi keimigrasian diantaranya melakukan pengawasan terhadap WNI dan WNA sesuai dengan amanat UU. No.6 Tahun 2011 (Pasal 66). Lebih lanjut menurut Bapak Rizky Nur Adiyat pengawasan orang asing dilakukan secara mandiri oleh Kantor Imigasi Kelas I TPI Bengkulu dan dilakukan secara gabungan melalui wadah TIMPORA, pengawasan keimigrasian dilakukan juga melalui Teknologi Informasi melalui Aplikasi Pelaporan Orang Asing (APOA).

Kegiatan dialog interaktif bersama masyarakat ini dilakukan dalam rangka penyebaran informasi keimigrasian agar tidak ada lagi pelanggaran dibidang keimigrasian.