Rabu, 26 Juni 2019 Kantor Imigrasi Kelas I TPI Bengkulu bersama dengan Divisi Keimigrasian Kanwil Kemenkumham Bengkulu melaksnakan kegiatan Pengawasan Keimigrasian Terhadap TKA di Puluau Baai Kota Bengkulu. Kegiatan ini dipimpin langsung oleh Kepala Kantor Imigrasi Kelas I TPI Bengkulu Samsu RIzal yang beranggotakan Tim dari Bidang Inteldakim Divisi Keimigrasian dan TIM Inteldakim Kanim Kelas I TPI Bengkulu.

Giat pengawasan keimigrasian yang dilaksanakan pada pukul 10.00 WIB tersebut adalah merupakan tindak lanjut dari adanya pemberitaan di media terkait banyaknya TKA yang melarikan diri pada saat dilakukan kegiatan pengawasan oelh pihak Kantor Imigrasi Bengkulu pada tanggal 13 Juni 2019.
Pada kegiatan pengawasan keimigrasian terhadap TKA kali ini didapati 9 orang TKA yang melarikan diri dan bersembunyi di hutan pinggir pantai untuk menghindari petugas. Dari hasil pemeriksaan dokumen keimigrasian, 9 orang tersebut merupakan pemegang Izin Tinggal Terbatas (ITAS) yang dikeluarkan oleh Kantor Imigrasi Kelas I TPI Bengkulu. Berdasarkan keterangan yang diperoleh bahwa ke 9 orang tersebut melarikan diri dengan alasan ketakutan setiap ada instansi yang melakukan pemeriksaan, hal ini dikarenakan kurangnya pemahaman dan ketidaktahuan.

Setelah giat pemeriksaan dilaksanakan Tim melaksanakan pembinaan terhadap perusahaan-perusahaan terkait aturan keimigrasian dan terus menjalin koordinasi dengan instansi terkait mengenai Pengawasan Orang Asing. (Humas_Kanim)