Sejarah ditetapkannya ulang tahun Imigrasi dimulai saat kedaulatan masalah keimigrasian diserahterimakan dari Pemerintah Kerajaan Belanda kepada Pemerintah Republik Indonesia Serikat dengan Surat Penetapan Menteri Kehakiman Republik Indonesia Serikat Nomor CZ/30/16 tanggal 26 Januari 1950. Mr. Yusuf Adiwinata diangkat sebagai Kepala Jawatan Imigrasi yang pertama. Surat penetapan itu berlaku  surut sampai dengan tanggal penyerahan kedaulatan masalah keimigrasian, bertolak pada penyerahan kedaulatan keimigrasian dari Pemerintah Kerajaan Belanda kepada Pemerintah Republik Indonesia. Tanggal 26 Januari inilah yang kemudian diperingati sebagai hari ulang tahun imigrasi di Indonesia.

Pada tahun 2017, peringatan Hari Ulang Tahun Imigrasi yang disebut Hari Bhakti Imigrasi (HBI) yang ke-67 dilaksanakan di Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM sesuai Surat Edaran Direktur Jenderal Imigrasi. Demikian juga Kantor Imigrasi Bengkulu untuk tahun ini melaksanakan upacara memperingati HBI ke-67 di halaman Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Bengkulu. Bertindak selaku inspektur upacara adalah Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Bengkulu, bapak Drs. Liberti Sitinjak, M.M., M.Si., perwira upacara adalah Kepala Kantor Imigrasi Bengkulu, bapak Rafli, SH. Upacara dihadiri oleh semua pegawai Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Bengkulu, pegawai Kantor Imigrasi Bengkulu, pegawai dari UPT yang ada di wilayah Kota Bengkulu, dan para pensiunan, serta ibu-ibu dari Dharma Wanita Persatuan Kantor Imigrasi Bengkulu.

Rangkaian acara peringatan dilaksanakan secara sederhana tetapi tidak mengurangi kekhidmatan dari tujuan kegiatan. Acara diakhiri dengan syukuran bersama berupa pemotongan tumpeng oleh adalah Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Bengkulu, bapak Drs. Liberti Sitinjak, M.M., M.Si.